Popular Post

Posted by : Unknown Wednesday, October 7, 2015

About My Hometown ( Lamongan )




Lamongan adalah kota tempat dimana aku tinggal,  sebuah kota sebagai kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. kota ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Kabupaten Lamongan merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbang kertosusila. Keren kan kotaku !
Nama Lamongan berasal dari nama seorang tokoh pada masa silam. Pada zaman dulu, ada seorang pemuda bernama Hadi, karena mendapatkan pangkat rangga, maka ia disebut Ranggahadi. Ranggahadi kemudian bernama Mbah Lamong, yaitu sebutan yang diberikan oleh rakyat daerah ini. Karena Ranggahadi pandai Ngemong Rakyat, pandai membina daerah dan mahir menyebarkan ajaran agama Islam serta dicintai oleh seluruh rakyatnya, dari asal kata Mbah Lamong inilah kawasan ini lalu disebut Lamongan. Pokoknya kalian perlu tau sejarah kota lamongan itu penuh dengan misteri, dimana disitu juga tempat ada sejarahnya joko tingkir yang pasti kata yang tak asing di telinga kalian adalah “ Laskar Joko Tingkir “ , kalian pasti penasaran kan ? ayo” cari tau segala sesuatu tentang lamongan J .

Kota Lamongan mempunyai bermacam-macam makanan khas,yang pastinya  diantaranya:

            Soto Lamongan, kalian pasti tak asing dengan makanan ini kan ? makanan yang begitu enak, “ soto yang tak ada duannya, percaya deh ! “. Soto Lamongan aja masuk sebagai rasa spesial di mie Indomie, itu pasti rasanya tak akan bohong ( enaknya ) Dan ada lagi makanan khas Lamongan yaitu Nasi Boranan, nasi yang ada gurih” nya sama pedas yang top, ada khas tersendiri pokoknya ada Rujak Cingur,Tahu lontong/tahu tek-tek danTahu campur lamongan.

Kotaku selalu memiliki pasangan di mana ada makanan khas pasti ada minuman khasnya juga, ini dia minuman khasnya

Yah, ada Es Dawet Ental/Siwalan,ES Batil es yang rasanya kalian gak bakal kebayang deh enaknya dan ada manis” nya gitu ! Kopi Djawa, bagi kalian yang suka kopi wajib coba deh kopi Djawa pasti ketagian.

Kota Lamongan juga mempunyai bermacam-macam oleh-oleh khas Lamongan, pastinya setelah ke kota Lamongan kalian endak akan pulang dengan tangan kosong.

Yaitu ada Wingko Babat, Ental, Jumbreg, Tas Enceng Gondok dan Empeng / marneng. Wajib beli ini sebelum pulang karena pasti akan jadi oleh” yang spesial buat kalian.

Lamongan juga kaya akan budaya adapun contohnya yaitu :

Tari Tradisional Boranan 



Tari tradisional Boranan adalah tari yang terinspirasi oleh aktivitas penjual nasi Boranan yang ada di Lamongan dan sudah siap dengan dagangannya dari pagi sampai subuh. Gerakan tari Boranan cukup sederhana namun bermakna, dengan sentuhan tradisional. Setiap gerakan menunjukkan aktivitas penjual Boranan, dari menyiapkan makana sampai menyerahkannya kepada pelanggan. Penari Boranan selalu datang dari Lamongan, dengan memakai kain batik tradisional Lamongan, dengan warna khas biru dan hitam dan terdapat garis-garis merah pada pinggang.

             Tari Tradisional Caping Ngancak


         Tari Caping Ngancak adalah salah satu tarian tradisional Kabupaten Lamongan. Tarian ini menggambarkan tentang petani yang beraktifitas di sawah mereka, dari mulai menanam padi sampai mereka mendapatkan panen. Layaknya petani, para penari juga mengenakan 'Caping' atau topi khusus yang biasa.


Inilah keindahan yang dimiliki kota Lamongan, dengan Segala seni yang ada atas segala aspek yang dijaga sebagai budaya dan disinilah terpatri di hatiku akan tanah kelahiranku tercinta dan aku bangga menjadi bagian dari kota ini.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Notwithstanding the best and consistent administrations, clients some way or another get associated with blocking issues? To recuperate all the blocking blunders in issue free way with precision, you can dial Blockchain phone number 800-665-6722 according to your necessities and get in discussion with the specialists identified with the issue you are confronting. The specialists will offer out-of-the-container arrangements and attempt their dimension to fulfill clients with their astonishing and consistent administrations. The specialists are utilitarian during the time with no stop.

    ReplyDelete

Pages

- Copyright © Lia Darmayanti - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -